Darurat Air Bersih & Kekeringan

Darurat Air Bersih & Kekeringan

24%

Donasi Terkumpul

Rp 23.560.081
dari target donasi Rp 100.000.000

Sisa Waktu

39 Hari

Rp

Darurat Air Bersih dan Kekeringan

Di tengah gemuruh cuaca yang keras, Indonesia seakan merentangkan dirinya dalam pelukan panjang musim kemarau yang menakutkan. Berdasarkan peringatan BMKG, mayoritas wilayah tanah air kita akan menjalani musim kering yang panjang di tahun 2023. Dalam momen ini, kita harus bersatu sebagai satu bangsa, satu hati, dan satu tekad untuk menghadapi tantangan yang begitu berat ini.

Tidak hanya itu, menurut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, sebanyak 13 provinsi dan 8.090 infrastruktur berada dalam risiko serius akibat kekeringan ini. Air, yang adalah sumber kehidupan, mulai menjadi barang langka di beberapa wilayah di Indonesia baik desa maupun kota. Kekeringan dan kesulitan air bersih sudah mulai menghantui sejumlah wilayah di tanah air kita tercinta.

Namun, kita masih memiliki secercah harapan. Kementerian PUPR telah memberikan solusi terbaik yang bisa kita lakukan bersama. Kita perlu bersama-sama memenuhi kebutuhan air bersih dan menjalankan program rehabilitasi serta pemeliharaan sumur di daerah-daerah yang terdampak. Inilah saatnya untuk menunjukkan solidaritas kita sebagai bangsa yang kuat dan tangguh.

Mari kita bergandengan tangan, membantu saudara-saudara kita yang terdampak, dan bersama-sama menghadapi cobaan ini. Bersama, kita akan memastikan bahwa air bersih akan kembali mengalir dan hidup akan berlanjut. Inilah saatnya untuk menunjukkan bahwa di saat-saat sulit, kita adalah satu bangsa yang bersatu dan tak terkalahkan.

LAZNAS Mandiri Amal Insani mengajak seluruh pihak untuk Bersama-sama membantu saudara kita yang kesulitan air bersih dipenjuru Indonesia melalui program:

  1. Bantuan distribusi air bersih Rp 400.000 /mobil tangki (5.000 lt)
  2. Intalasi air umum Rp 350.000 /unit

Yuk bersama-sama kita bantu mereka yang membutuhkan bantuan

Tanggal Donatur Nominal
Total Donasi Online Rp 23.560.081
Total Donasi Offline Rp 0
Total Rp 23.560.081
Kembali Resmikan Sarana Air Bersih, Santri Pondok Pesantren Al-Muhajirin Tidak Lagi Kesulitan Untuk Beribadah
19 Desember 2023

MAI News – Garut, 14 Desember 2023. MAI Perwakilan Jawa Barat Resmikan Sarana Air Bersih di Pondok Pesantren Al-Muhajirin, Desa Selaawi, Garut, Jawa Barat.

Alhamdulillah MAI Perwakilan Jawa Barat telah melaksanakan kegiatan “Peresmian Program Air Bersih Hidup dan Ketaqwaan” di Pondok Pesantren Al-Muhajirin, Desa Selaawi, Garut, Jawa Barat.

Sambutan oleh Kepala Perwakilan MAI Jawa Barat Ibu Maya Kusuma, beliau menyampaikan “Dalam rangka silaturahmi dan Peresmian Air Bersih, kami datang kembali ke Ponpes Al-Muhajirin, Alhamdulillah telah selesai proses pengeboran air bersih – semoga airnya bisa bermanfaat dengan baik. Kami juga meminta doanya untuk para donatur dari pegawai Bank Mandiri semoga selalu diberikan kesehatan, kesuksesan dan keselamatan serta hartanya selalu diberi keberkahan. Tidak lupa doa untuk muwakif sumur bor air bersih ini smoga menjadi sedekah jariyah yang pahalanya terus mengalir ketika dimanfaatkan dengan baik oleh ponpes dan masyarakat”.

Sambutan dari vendor air bersih Bapak Indra, beliau menyampaikan “Dalam proses pengeboran air terdapat kendala yaitu adanya bebatuan tetapi alhamdulillah wilayahnya bukan yang sulit air, hingga pengerjaaan bisa selesai dengan baik. Saya tekankan kepada warga semua yaitu 3P (Pemanfaatan, Perawatan, Pengelolaan)”.

Acara selanjutnya yaitu sambutan dari Bapak Beny Setiawan selaku Ketua Koordinator MAI Jawa Barat, beliau menyampaikan “Selamat kepada Ponpes Al-Muhajirin sudah mendapatkan penyaluran Program Air Bersih, semoga nanti kedepannya penyaluran Program-Program MAI lainnya bisa kita salurkan kesini. Semoga air bersih ini dapat dimanfaatkan oleh Ponpes dan warga sekitar Pondok Pesantren Al-Muhajirin. Mohon doanya untuk seluruh muzaki mandirian.”

Dilanda Kekeringan, Mandiri Amal Insani Sigap Distribusikan Air Bersih Untuk Warga Kawunganten, Cilacap.
21 September 2023

Dampak El Nino yang kini melanda hampir seluruh daerah Indonesia mengakibatkan kekeringan yang dahsyat. Beberapa wilayah di pulau Jawa yang mengalami kekeringan ini diantaranya warga kecamatan Kawunganten, Cilacap.

Menurut data MAI Perwakilan Jawa Tengah, setidaknya ada 1000 jiwa terdampak yang tinggal di Desa Bojong, Desa Kawunganten, dan Desa Kalijeruk.

Dalam memenuhi kebutuhan air bersih tersebut, MAI Perwakilan area Purwokerto menyalurkan 3 tangki air dengan masing-masing 9.500 liter.

Alhamdulillah, terimakasih kami ucapkan atas kontribusi yang telah bapak dan ibu berikan. Semoga Allah membalas kebaikkan Bapak dan Ibu dengan keberkahan yang melimpah.

Resmikan Sarana Air Bersih, Kini Santri Ponpes Ibnu Izzudin Cianjur Tidak Lagi Kesulitan Air Bersih
14 September 2023

Alhamdulillah, pada Selasa (12/9/2023) telah dilaksanakan peresmian air bersih persembahan Mandiri Amal Insani kepada pesantren Ibnu Izzudin Al-Yasin, Kp.Cibelang Hilir, Desa Cikancana Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Jawa Barat.

Pemanfaatan air bersih ini tidak hanya terbatas untuk santri, tetapi juga akan di pipanisasi kepada warga yang membutuhkan.

Mandiri Amal Insani sangat berterimakasih dan mengapresiasi seluruh donatur yang senantiasa berkontribusi dalam program-program kemashlahatan umat. Alhamdulillah senang sekali rasanya melihat para santri kini tidak lagi kesulitan dalam beribadah.

Pendistribusian Air Bersih Untuk Warga Desa Cintanagara, Garut, Jawa Barat.
04 September 2023

Alhamdulillah, pasca alami kekeringan yang mengakibatkan warga sulit mendapatkan air bersih. Mandiri Amal Insani dengan sigap melakukan pendistribusian kepada warga terdampak.

Kami juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh donatur atas kontribusinya dalam program air bersih ini. Kami akan terus melakukan pendistribusian air bersih sebanyak 5000 liter/tangki dengan rincian distribusi sehari tiga kali selama satu bulan kepada 318KK terdampak.

 

Salah satu dampak kekeringan yang harus diwaspadai adalah kurangnya sumber air minum. Jika sumber air minum tidak tercukupi maka manusia akan mengalami dehidrasi. Bahkan dampak kekeringan ini juga menyebabkan meningkatnya polusi udara. Saat tim Mandiri Amal Insani tiba di lokas kekeringan, lahan dan tanamannya kering kerontang, debu beterbangan begitu pekat.

Kami menyaksikan dengan hadirnya program air bersih ini begitu banyak senyum yang terpancar dari wajah mereka. Alhamdulillah terimakasih seluruh donatur Mandiri Amal Insani, semoga Allah mengalirkan pahala sebagaimana yang Bapak/Ibu alirkan untuk kebahagiaan mereka.

BANTU SEBARKAN KEBAIKAN

Ayo ikut berkontribusi dalam gerakan peduli umat !
Ajak lebih banyak orang untuk mewujudkan program kebaikan ini.

Jadi Fundraiser

Donatur

01/02/24

Diberi kemudahan setiap permasalahan


22/01/24

Bismillah semoga berkah


02/01/24

Bismillah semoga berkah


29/12/23

Bismillah semoga berkah


19/12/23

Semoga Air nya bersih


24/11/23

Bismillah


05/11/23

Semoga dapat mendapat keberkahan